Thu. Sep 19th, 2024

Denyut Produksi Budaya di Tepi Jakarta

Ciganjur Center

Cipedak, Jakarta Selatan – Pada hari Jumat, 30 Agustus 2024, teras Masjid Mahalul Ghufron menjadi saksi pagelaran budaya yang diinisiasi oleh komunitas Maling Kober (Majelis Keliling Kopi Berkah) dan berkolaborasi dengan Pesantren Ciganjur, IPNU IPPNU Jagakarsa, serta JATMAN Online. Acara ini berlangsung dari pukul 20.00 hingga 23.00 dengan tema “Gotong Royong Kebudayaan: Upaya Harmonisasi Pikiran dan Tindakan.”

Pagelaran ini dimulai dengan pembacaan tahlil, diikuti sambutan-sambutan, dan diskusi mengenai tema yang diangkat. Acara ini juga diwarnai dengan berbagai pementasan budaya, meliputi sinden, pementasan wayang oleh IPNU IPPNU Jagakarsa, dan Orasi Kebudayaan yang disampaikan oleh Nurul Hidayat dari Pesantren Luhur Ciganjur.

Acara ini bertujuan untuk memperkuat budaya kita, dengan fokus pada upaya memperkuat daya pikir dan daya tahan tubuh. Ketua Panitia Irvan Maulana menyampaikan, “Kegiatan ini diinisiasi oleh MALING KOBER, berkolaborasi dengan Pesantren Ciganjur, IPNU IPPNU Jagakarsa, dan JATMAN Online. Kolaborasi ini merupakan inovasi untuk kegiatan selanjutnya.”

Sohibul bait KH. Nasruddin, Lc menambahkan, “Tempat ini bisa menjadi rumah untuk semuanya, yang penting adalah manfaat dari kegiatannya. Semua bisa dilakukan di sini.”

Pementasan wayang menyampaikan pesan penting tentang pentingnya mengaji sebagai bagian dari kebudayaan, dan Orasi Kebudayaan mengangkat isu-isu terkait keresahan yang terjadi di negeri ini, serta situasi budaya dan demokrasi yang sedang berlangsung.

Dengan acara ini, diharapkan akan terjalin lebih banyak sinergi dalam memperkuat dan melestarikan kebudayaan serta mendorong refleksi mendalam mengenai nilai-nilai kebudayaan dan demokrasi di Indonesia.

Penulis : M. Rafi Sihabudin

Editor: Admin 1 Ciganjur Center

By Admin 1

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *